Kuliner Unik Khas Palembang, Pentol Ikan Hanya Rp1.500 per Tusuk, Cocok Dimakan dengan Nasi Putih Hangat

- Selasa, 19 September 2023 | 19:58 WIB
Rekomendasi jajanan pentol ikan yang merupakan khas Palembang dengan harga Rp1.500 per tusuk dan pembelian online. (Instagram.com/@kulinersumsell)
Rekomendasi jajanan pentol ikan yang merupakan khas Palembang dengan harga Rp1.500 per tusuk dan pembelian online. (Instagram.com/@kulinersumsell)

AYOPALEMBANG.COM -- Kota Palembang, Sumatera Selatan tidak hanya memiliki pempek sebagai kuliner khas tapi juga ada pentol ikan.

Berbeda dengan penjual lainnya yang menggunakan daging ayam, pentol ikan di Palembang menggunakan ikan sebagai bahan utama sehingga rasanya khas.

Di Palembang sendiri pentol ikan ini tidak banyak yang menjual sehingga wajib mencoba jajanan ini karena sulit ditemukan.

Baca Juga: Peran BRI dalam Mendukung Perekonomian Rakyat Melalui UMi dan AgenBRILink

Dikutip AYOPALEMBANG.COM dari akun Instagram @kulinersumsell, lokasi berjualannya ada di 3 Ilir, Palembang yang bisa dipesan secara online.

Adapun ongkir jika membeli pentol ikan ini mulai dari Rp10.000 hingga Rp15.000 yang mana tergantung jarak pembeli.

Harga per tusuk dari pentol ikan ini juga terbilang murah karena hanya Rp1.500 tapi ukurannya cukup besar dengan bahan bengkuang dan ikan.

Baca Juga: Honda Luncurkan New Honda CBR150R Terbaru 2024 dengan Tampilan Colorful, Lebih Sporty

Saat pentol ini dibelah maka bagian dalamnya akan ada isian halus tidak hanya berbentuk adonan seperti yang banyak ditemukan dipenjual lain.

Makanan ini sangat jarang ditemukan di hari-hari biasa karena biasanya ada saat kondangan yang mana merupakan hari-hari tertentu.

Cara memakannya bisa langsung dengan saus sambal atau juga dengan nasi putih hangat sebagai lauk karena memang terbuat dari ikan.

Baca Juga: Waspada! Virus Nipah Lebih Berbahaya dari Covid-9, Begini Gejala yang Dirasakan hingga Pahami Cara Mencegahnya

Jajanan pentol ikan adalah sejenis makanan yang terbuat dari ikan yang digiling dan dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tepung terigu, bumbu, dan rempah-rempah.

Makanan ini kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil atau pentol, lalu digoreng hingga matang dan berwarna kecokelatan.

Halaman:

Editor: Mela Puspita

Sumber: Instagram @kulinersumsell

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X