Mengerikan, Gempa Bumi Cianjur Pernah Diteliti Tahun 2021, Beberapa Daerah ini Diminta Tetap Waspada

- Selasa, 22 November 2022 | 08:55 WIB
Update Gempa Cianjur akibar Sesar Cimandiri (tangkap layar instagram/visitcianjur)
Update Gempa Cianjur akibar Sesar Cimandiri (tangkap layar instagram/visitcianjur)

AYOPALEMBANG.COM -- Peristiwa gempa bumi yang terjadi di Cianjur, terjadi akibat Sesar Cimandiri, sebuah struktur Sesar tertua di Jawa Barat.

Dimana, gempa bumi yang berpusat di Sukabumi ini, sebabkan kehancuran di kawasan Cianjur Jawa Barat, karena aktifitas Sesar Cimandiri.

Ternyata, prediksi terkait bakal adanya gempa bumi di Cianjur akibat Sesar Mandiri, telah diprediksi sejak lama.

Baca Juga: Berikut Layanan SIM Keliling Kota Palembang, Selasa 22 November 2022, Lengkap Dengan Tata Cara Pengurusan

Bahkan, hal itu masuk dalam sebuah penelitian sebuah proposal yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa dari Universitas Jenderal Soedirman (unsoed) Purwekerto Banyumas.

"Melihat dampak & lokasi #Gempa yang terjadi di Cianjur, sepertinya disebabkan karena adanya aktivitas di sesar Cimandiri. Jadi inget sama penelitianku di tahun 2021 lalu tentang gempabumi di sesar Cimandiri ini emang cukup beresiko karena emang aktivitas tektoniknya cukup tinggi," cuit akun Twitter, Rendi Aris Munandar.

Menurutnya, Sesar Cimandiri adalah sesar aktif di wilayah Jawa bagian Barat. Dimana, penelitian pernah dilakukan untuk mengetahui karakteristik nilai dari struktur dari wilayah yang dilewati sesar di Jawa Barat.

Baca Juga: SIARAN LANGSUNG Piala Dunia 2022: Ada Senegal vs Belanda 21 November 2022, Bisa Nonton di HP

"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tektonik pada Sesar Cimandiri dengan melihat dari nilai a-value dan b-value serta periode ulang terjadinya gempa dengan menggunakan metode Least Sguare dan metode Likelihood," sampainya

Selain melakukan penelitian terkair nilai dari struktur Sesar Cimahi, peneliti ini juga pernah meneliti mengenai prekursor Gempabumi di Wilayah Jawat.

Halaman:

Editor: Imas Solihah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X